HOUSEKEEPING Department
(Tata Graha Hotel)
Bagian
dari hotel yang bertanggungjawab atas kebersihan, kerapian, kenyamanan dan
kelengkapan kamar tidur yang akan ditempati tamu serta menjaga kebersihan
public area baik itu di Front Of the House (FOH) maupun back of the house (BOH)
seperti : restaurant, rekreasi area, meeting room, employee locker, parkir
area, garden / landscape, beach area.
Pembagian area kerja di
Housekeeping dibagi menjadi :
1.
Room
Section / Floor Section / Seksi kamar
Bagian yang bertanggung jawab atas
kerapian, keindahan, kebersihan, kelengkapan guest supplies dan kenyamanan
kamar, baik yang ada tamunya (occupied ) maupun yang kosong ( vacant )
Rooms adalah salah satu bagian yang
paling penting dari sebuah hotel yang bagus, hal tersebut yang membuat tamu
merasa senang karena sesuai dengan apa
yang mereka bayar untuk menginap, kebanyakan orang akan menilai ukuran
kamar, fasilitas hotel, lokasi, kebersihan. Faktor penting yang biasanya selalu
dilupakan adalah tugas dari staff housekeeping
(housekeeping attendant).
Staff Housekeeping bekerja keras memastikan bahwa kamar yang
berantakan dapat bersih pada hari
itu, mereka merasakan kamarnya rapi,
bersih dan lengkap karena dibersihkan
setiap hari. Kebanyakan orang tidak sadar akan hal ini, seorang housekeeping
attendant (room attendant/ pramugraha) dapat dengan cepat membersihkan
banyak kamar setiap hari.
Staff Housekeeping bekerja keras memastikan bahwa kamar yang
berantakan dapat bersih pada hari itu.
Tugas utama dari Room Attendant adalah di dalam kamar Make up Room juga making
bed, mengganti handuk bertukar yang
dipakai dengan handuk yang baru dan segar, pembersihan dan desinfeksi kamar
mandi dan menyediakan peralatan mandi baru, membershkan debu karpet, furniture
dan mengambil sampah. Mengecek tentang fungsi peralatan yang ada di kamar (
lampu, air, listrik, alat eletronik ( TV, radio dll )
Beberapa hal yang
berhubungan dengan room section :
• Service Sequence Housekeeping
• Task Breakdown Housekeeping
• Make up Room Procedure
• Cleaning procedure
• Set up attendant trolley
• Up date room status
• Housekeeping report
• Type Room
• Master key Procedure
• Room Check List
Hal-hal penting dalam
proses pembersihan kamar.
• Pembersihan kamar tidur.
• Pembersihan kamar mandi.
• Pembersihan lantai dan peralatannya.
• Kebersihan Linen.
• Kelengkapan dan fungsi perlengkapan kamar.
2.
Lost
& Found
Adalah
penemuan barang-barang yang hilang, baik itu dikamar tamu maupun di public area
di dalam lingkungan hotel. L&F dibawah kordinasi housekeeping, baik itu
pencatatan dengan kode, tanggal, nomor yang urut, penyimpanan yang ditempatkan
di tempat khusus dan masa berakhirnya ( keluarnya ). Dalam operasional
sehari-hari L&F dikelompokkan menjadi beberapa jenis.
Æ Kelompok
barang yang dibuang oleh tamu.
Æ Kelompok
barang biasa.
Æ Kelompok
barang makanan dan minuman.
Æ Kelompok
barang berharga.
3.
Public Area Section / public space / area umum
Area umum di hotel meliputi main entrence,
lobby, front desk, elevator, corridor, recreation area, basement. Locker
employee, meeting room, offices, landscape,
taman, pantai.
Sistem cleaning public
area
Ø Special
Cleaning ( SPC )
Konsentrasi
1 (satu) pekerjaan yang dilakukan pada 1(satu) tempat yang dikerjakan secara
detail dengan hasil yang maximal. Contoh : Shampooing carpet meeting room,
Shampooing sofa, Cleaning St. Steel, Spotting carpet / wall, marble
crystalisasi, coating floor, cleaning glass wall / windows, cleaning wooden lobby furniture, cleaning
stair case, brushing floor corridor dll.
Ø General
Cleaning ( GC )
Beberapa
pekerjaan yang dilakukan / dikonsentrasikan pada satu tempat tertentu, waktu
tertentu dengan hasil yang maximal. Contoh : General Cleaning Meeting Room, GC
HK Store, GC Koridor floor 5, GC Restaurant, GC Restroom Lobby, GC HK Office, GC Locker, GC Room dll.
Ø Regular
Cleaning / Daily Cleaning
Pekerjaan
yang harus dilakukan setiap hari pada beberapa area yang sering digunakan, dilalui
dan dikerjakan secara teratur, terjadwal. Contoh : Pembersihan area restaurant, koridor, locker, mopping loading
dock, mopping back area, lobby duster
koridor area, vacuum koridor carpet, sweeping carpark, cleaning door glass
lobby, cleaning restroom dll.
4. Housekeeping Cleaning Methods :
1.
Sweeping
2.
Dusting
3.
Mopping
4.
Drymop / lobby duster system
5.
Shampooing
6.
Spotting
7.
Brushing
8.
Crystalisasi
9.
Coating
10. Steaming
5.
Laundry
Section
Salah satu department revenue yang bertanggung
jawab atas pencucian pakaian tamu ( Laundry, Dry Cleaning, Pressing ), uniform
dan linen hotel.
Tujuan pokok laundry operation adalah :
hasil cucian bersih, tidak ada noda, lembut.
Linen Supllies:
Ø Sheets
( Kain sprei, pelapis, penutup tempat tidur )
Ø Towels
( handuk ).
Ø Inner
Duvet / insert Duvet ( bagian dalam
duvet terbuat dari dacron ).
Ø Cover
Duvet ( sarung Duvet ).
Ø Bed
Cover ( penutup bed ).
Ø Bad
Pad / matras protector ( alas matras / kasur ).
Ø Blanket
/ Selimut.
Ø Pillow
case / sarung bantal, pillow protector.
Ø Vitrage
( tirai tipis ).
Ø Gordyn
( gorden ).
Ø Black
Out / BO ( Pelapis gordyn biasa terbuat
dari kain semi karet atau kain tebal )
Linens :
Ø King
Sheets Ukuran 280 x 280
Ø Queen
Sheets Ukuran 260 x 280
Ø Twin/Single
Sheets Ukuran 180 X 280
Ø Pillow
Case/sarung bantal Ukuran 50 X 75
Ø Pillow
/ bantal Ukuran
50 X 75
Ø Bolster
/ guling Ukuran
30 X 120
Ø Bath
towels / handuk mandi Ukuran
70 X 140
Ø Hand
towels / handuk tangan Ukuran
40 X 80 ( 35 x 75 )
Ø Bath
mats/alas kaki/ keset Ukuran
45 X 75 ( 50 x 75 )
Ø Face
towels / handuk muka Ukuran
30 X 30
Ø King
Inner Duvet (ID) Ukuran 260 X 230
Ø Queen
ID Ukuran
240 X 230
Ø Twin
/ Single ID Ukuran
160 X 230
Ø King
Duvet Cover (CD) Ukuran
260 X 230
Ø Queen
DC Ukuran
240 X 230
Ø Twin
/ Single DC Ukuran
160 X 230
Ø Bed
Pad King Ukuran
200 X 200
Ø Bed
Pad Queen Ukuran
180 X 200
Ø Bed
Pad Twin Ukuran
100 X 200
6. Gardening Section / Florist / Seksi
pertamanan dan penyediaan bunga
Bertanggung
jawab terhadap kerapian dan kesuburan tanaman, baik itu di luar maupun tanaman
di dalam hotel ( indoor plant ) biasa dalam seksi ini ada diikut sertakan
florist yang bertugas mempersiapkan rangkaian bunga untuk hotel, baik itu
kamar-kamar vip maupun untuk FB department.
7. Recreation Section / Health Club /
tempat club kesehatan
Bagian
yang bertanggungjawab terhadap fasilatas tamu yang ada di hotel seperti kolam
renang, spa, sauna, steam room, Jacuzzi, massage room, fitness centre, lapangan
olah raga ( tennis, golf dll ) untuk dijaga kebersihannya, kelengkapan
peralatannya maupun kondisinya.
8. Administration
Bagian
yang bertanggung jawab terhadap file data housekeeping, ketersediaan supplies
baik itu cleaning supplies, maupun guest supplies juga berfungsi sebagai
pengontrol pengeluaran housekeeping supaya tidak melebihi dari budget /
anggaran pengeluaran yang telah ditetapkan ( controlling budgeting )
Hal yang berkaitan dengan
Housekeeping Administrasi :
Ø Planning
Housekeeping Operations.
Ø Housekeeping
Standard Procedure.
Ø Budgeting
for Housekeeping Expenses Controlling Expenses.
Ø Store
Requestation.
Ø Purchase
Requestation.
Ø Housekeeping
Inventories.
Ø Room
Attendant Control Sheet.
Ø Lost
& Found.
Ø Order
Taker.
Ø Parstock
Linen.
Ø Linen,
Uniforms and Laundry Operations
Ø Discrepancy
report
Ø Managing
Housekeeping Personnel.
Ø Staffing
& Scheduling / Daily Routines and Systems.
Ø Contracts
and Outsourcing.
Ø Composition,
Care and Cleaning of Different Surfaces.
Ø Supervision
in Housekeeping.
Ø Interior Designing.
Ø Interior
Decoration.
Ø Safety
and Security.
Ø Pest
Control and Waste Disposal.
Ø Internal
Environment.
Ø Flower
Arrangement.
Ø Landscaping.
Ø Renovation.
Housekeeping Supplies :
1. Guest
Supplies
2. Printing
& Stationary.
3. Linen
Supplies.
4. Paper
Supplies.
5. Cleaning
Supplies.
Housekeeping equipment / .Cleaning
Equipment :
1. Machine
Equipment.
2. Manual
Equipment.
Cleaning Equipment antara lain :
Ø Dry
Vacuum Cleaner.
Ø Wet
Vacuum Cleaner.
Ø High
Pressure / Water Pressure.
Ø Extraction
machine ( shampoo carpet ).
Ø Hand
Steam machine / portable steam.
Ø Polish
machine / brushing machine ( Low Speed ).
Ø Buffing
machine ( High Speed ).
Ø Hand
Polisher.
Ø Blower.
Ø Room
Attendant Trolley.
Ø Public
Area Trolley.
Ø Rubbish
Container.
Ø Manual
Sweeper.
Ø Brushing
pad 8 mm.
Ø Brushing
pad 3 mm.
Ø Pad
Holder.
Ø Vacuum
Bag.
Ø Bucket.
Ø Lady
bucket / room boy bucket ( caddy )
Ø Hand
Brush.
Ø Stick
Brush.
Ø Floor
Squeeze.
Ø Window
Squeeze.
Ø Lobby
Duster Stick.
Ø Wet
Mop stick.
Ø Single
Bucket / Press Mop.
Ø Cotton
mop / wet mop.
Ø Broom
plastic.
Ø Coconut
Broom.
Ø Dust
Pan
Ø Pad
Strip Telescopic Handle.
Ø Floor
Sign.
Ø Gun
Sprayer / bottle sprayer.
Ø Sponge.
Ø Red
Pad 16 Inc.
Ø White
Pad 16 Inc.
Ø White
Pad 20 Inc.
Ø Kape
/ Scraper.
Ø Kuas.
Ø Glass
Cloth.
Ø Dust
Cloth.
Ø Floor
Cloth.
Organization Chart /
Staffing :
F Executive
Housekeeper, Housekeeping Manager.
F Assistant
Executive Housekeeper.
F Housekeeping
Supervisor ( Floor Supervisor, Public Area Supervsior ).
F Housekeeping
Secretary.
F Housekeeping
Order Taker.
F Floor
Attendant ( Room Attendant, Room Boy, Room Maid / Pramugraha ).
F Public
Area Attendant ( Houseman, Public Area Cleaner, Cleaning Service ).
F Landscaping,
Gardener, Florist.
Pengelolaan
Shift Kerja ( Waktu kerja ) :
Sebelum
melakukan pembagian shift kerja room attendant
perlu diperhatikan perkiraan hunian ( forecast occupancy ) pada satu
minggu kedepan ataupun satu bulan kedepan. Hal ini dilakukan untuk pembuatan
keakuratan jadwal kerja. Kebutuhan staff tergantung pada tingkat hunian hotel.
forecast occupancy sangat dibutuhkan untuk mendapatkan perkiraan yang cukup,
baik jumlah staf yang akan bekerja ataupun jumlah rata-rata kamar yang akan
dikerjakan untuk masing-masing orang.
Kemudian dapat mengalokasikan 16
atau bahkan 20 kamar untuk masing-masing kamar room attendant, semua ini
tergantung dari speed room attendant, type kamar, lokasi kamar. Tentu akan jadi
beda jika yang akan dibersihkan adalah kamar yang type standard, suite,
apartment, bungalow, villa atau kamar yang terletak di tepi pantai bahkan di
tepi tebing (untuk clif hotel).
Untuk
lengkapnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan Jadwal
kerja ( Time schedule, Roster ) antara lain :
Ø Forecast
occupancy.
Ø Jumlah
tenaga yang dibutuhkan termasuk tenaga pengganti.
Ø Shif
kerja ( pagi, middle, sore, malam ).
Ø Waktu
libur Staff ( Cuti, Libur umum, libur mingguan, libur khusus ).
Ø Pola
kerja ( 6-1, 5-1, 5-2 ) yang kesemuanya mengacu pada aturan Disnaker dengan
total jam per minggu.
Ø Quota
Kerja ( credit / point, section, jumlah ).
Ø Lokasi Kerja ( Villa / Bungalow / Cottage,
Building, Beach / Resort, Bussiness / City Hotel, dll ).
STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE :
1. Pembersihan kamar tamu
Maksud
dan tujuan :
Memastikan kegiatan yang dilakukan oleh
Room attendant, agar kamar-kamar yang telah dibersihkan dalam kondisi siap
dihuni / dijual sesuai dengan kriteria / standard yang telah ditentukan.
Ø Uraian
Kerja.
Ø Perencanaan
/ persiapan Kerja.
Ø Kebutuhan
untuk merencanakan pekerjaan make up agar dapat berjalan efektif dan efisien.
Ø Mencetak
status kamar dari komputer di HK office.
Ø Merencanakan
pembagian kamar.
Ø Membagikan/menginstruksikan
nomor-nomor kamar yang harus di-make up room oleh Room Attendant.
Ø Para
Floor Supervisor mencatat nomor-nomor
kamar yang harus di-make up room pada Room Attendant Work Sheet.
Ø Melakukan
tugas lain yang telah diinstruksikan pada awal jam kerja.
Ø Melakukan
pemeriksaan kamar & mengumpulkan laundry.
Ø Penyiapan
sarana kerja / alat bantu.
Ø Perencanaan
kerja selesai.
Ø Menuju
ke tempat penyimpanan sarana kerja/ alat bantu.
Ø Mengecek
kelengkapan alat bantu disesuaikan dengan pembagian kerja yang telah diterima,
Jika ada kekurangan segera dilengkapi dulu.
Ø Menata
Room Attendant trolly untuk ½ hari kerja.
Ø Menuju
floor untuk pengecekan kondisi kamar dan pick up laundry.
Ø Siap
Melakukan make up room.
Kegiatan
Make up Room :
Ø Siap
Melakukan make up room.
Ø Mengetuk
pintu/ membunyikan bell kamar sambil memperkenalkan diri.
Ø Membuka
pintu disertai salam dan minta ijin untuk membersihkan kamar jika terdapat
tamu.
Ø Masukan
keytag ke holder supaya kamar terang.
Ø Melakukan
kegiatan stripping.
Ø Melakukan
kegiatan making bed.
Ø Melakukan
kegiatan dusting sambil memeriksa fungsi fasilitas di kamar, seperti lampu, TV,
& AC.
Ø Melakukan
kegiatan kegiatan Bathroom cleaning.
Ø Melengkapi
kembali give away supplies & non-give away supplies.
Ø Melakukan
kegiatan pembersihan lantai kamar (vacuuming carpet).
Ø Melakukan
pengecekan akhir.
Ø Mematikan
lampu kamar.
Ø Menutup
kembali pintu kamar, yakinkan pintu terkunci dengan baik.
Ø Pembuatan
Laporan.
Ø Make
up Room selesai.
Ø Mencatat
semua sarana kerja yang digunakan maupun
hal penting di Room Attendant Work Sheet.
Ø Meneruskan
ke kamar berikutnya untuk melakukan kegiatan make up room.
Ø Bagi
Supervisor housekeeping kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan inspeksi kamar.
Ø Di
akhir shift menyerahkan Room Attendant Work Sheet, yang telah diisi dengan
benar ke Floor Supervisor.
2.
Penataan
tempat tidur
Maksud
dan tujuan:
Memastikan standar penataan tempat tidur
dilakukan dengan efektif, efisien, rapi, bersih dan siap digunakan sesuai
dengan jenis kamar yang ada
Hal-hal
yang harus diperhatikan sebelum making bed adalah :
Ø Memeriksa
keadaan serta perlengkapan tempat tidur yang kira-kira harus diganti atau
diperbaiki.
Ø Menyiapkan
linen bersih, sheet, pillow case, blanket dan bed cover.
Uraian
Kerja:
Ø Sheets
kotor tiga buah, pillow case yang kotor dikeluarkan dan masukkan ke dalam
hamper yang ada di trolley. Yang ditinggalkan didalam kamar adalah selimut,
bantal, bed cover dan bed pad. Bed pad kalau kotor harus diganti dengan yang
bersih.
Ø Rapikan
letak kasur juga bed skirting, bed pad dirapikan letakan ditengah-tengah kasur,
gunanya untuk mencegah merembesnya air dan udara yang panas dari pada kasur.
Ø Sheet
pertama yang bersih dipasang, bagian
yang halus diatas. Bagian kepala lipatannya lebih lebar daripada bagian kaki.
Kemudian kelebihan panjang dan lebar dari sheet ini diselipkan kebawah kasur,
sedangkan sudut-sudutnya dilipat segitiga dahulu sebelum dimasukkan ke bawah
kasur.
Ø Sheet
kedua yang bersih dipasang terbalik, yang halus dibawah dan yang kasar diatas,
tanpa dilipat terlebih dahulu. Untuk bagian kepala tidak ada kelebihan dan
harus sejajar dengan kasur, jadi tidak ada kelebihannya.
Ø Pasanglah
selimut dan top sheet (dimana diambil dari sheet yang baru) dengan sisi atas
yang sejajar, kemudian ditarik kira-kira 25 cm, lalu sheet kedua dilipat
sehingga menutupi sedikit bagian atas dari blanket dan top sheetnya.
Ø Masukkan
keseluruhan sheet dan blanket ke bawah kasur :
F Pertama dirapikan keseluruhan sheet, blanket
ke kiri dan ke kanan hingga kebawah dengan ketat.
F Kelebihan
bawah / bagian kaki dibuat segitiga dulu baru dimasukkan kebawah kasur.
F Terakhir
pasang pillow case dan tempatkan diatas bed kemudian ditutup dengan bed cover.
Bed sudah rapi dan siap digunakan..
3. Penataan Kamar
Maksud dan tujuan
Memastikan
standar penataan kamar tidur dan kamar mandi dilakukan dengan efektif dan
efisien.
Uraian
Kerja
Cara
membersihkan dan menata kamar mandi
Yang
dimaksud dengan cara membersihkan dan menata kamar mandi adalah bagaimana
caranya roomboy membersihkan dan mengatur perlengkapan yang ada di dalam kamar
mandi sehingga bersih dan rapi.
Hal yang perlu diperhatikan:
Ø Kalau
kamar occupied, minta izin dahulu.
Ø Mengeluarkan
semua handuk kotor dan masukkan kedalam hamper trolley (untuk linen kotor).
Ø Sampah-sampah
yang ada di dalam kamar mandi dikeluarkan dan dimasukkan kedalam trolley hamper
dikhususkan untuk sampah.
Ø Persiapan
F Menyiapkan
peralatan serta bahan pembersih berupa sikat kamar mandi, toilet bowl brush,
chemicals pembersih juga towel yang kering dan bersih, sponge / tapas.
F Keseluruhan
peralatan tersebut harus disiapkan dalam keadaan bersih.
Pelaksanaan :
Ø Cucilah
gelas lebih dahulu dengan bahan pembersih dan alat penggosok scotch brite,
setelah bersih ditelungkupan gelas tersebut diatas tempat bersih yang sudah
dialasi dengan napkin untuk alas gelas.
Ø Mulailah
membersihkan bagian atas, antara lain kaca diatas wash basin table dengan
chemical khusus yang sudah disiapkan.
Ø Setelah
wash basin, kran air, wash basin table.
Ø Bersihkan
bathtub, kran-kran air, tempat sabun, shower head mulai dari dindingnya dengan
cara membilas dengan air panas supaya kotoran yang menempel turun ke bathtub
kemudian semprotkan chemical Multi Purpose Cleaner dan disikat dengan scotch
brite Kemudian dibilas dengan air hangat.
Ø Bersihkan
toilet bowl dengan menggunakan sikat khusus dimulai dari bagian dalam kemudian
bagian luar sampai dengan kaki dan water tank.
Ø Bersihkan
lantai dengan cara menyikat kemudian dipel dan keringkan.
Ø Lengkapi
linen supplies kamar mandi seperti bath towel, hand towel, face towel dan bath
mat.
Ø Letakkan
gelas yang bersih diatas wash basin table dialasi dengan gelas coaster sesuai
dengan standar yang telah ditentukan.
Ø Lengkapi
kebutuhan lainnya seperti sabun, korek api, lilin, toilet paper, tissue paper
untuk di kamar mandi.
Ø Periksalah
kembali kemungkinan ada kerusakkan yang perlu dilaporkan ke HK Office untuk
dibuatkan work order ke Engineering.
Ø Periksa
lagi dimana kemungkinan ada alat-alat yang tertinggal juga check kerapian
set-up dengan melihat keseluruhan di dalam kamar mandi.
Ø Hal
– hal yang harus diperhatikan :
F Trolley
yang sudah dilengkapi dengan linen dan peralatan lainnya diletakkan didepan
pintu kamar yang akan dibersihkan.
F Menekan
bel yang ada disetiap muka pintu kamar atau mengetuk tiga kali sambil
menyebutkan “Housekeeping”.
F Setelah
membuka pintu masukkan keytag dikotak shaving energy.
F Buka
draperies yang masih menutup, kalau cuaca mendung dan hujan dimana didalam
kamar keadaannya gelap.
F Nyalakan
lampu dikamar supaya keadaan di dalam kamar terang.
F Check
tombol AC.
F Periksalah
seluruh kamar jika ada barang tamu yang tertinggal di dalam dan serahkanlah ke
bagian Lost & Found.
F Buanglah
semua sampah dari dalam kamar ke dalam trolley hamper untuk sampah.
F Linen-linen
kotor seperti sheet, pillow case juga dikeluarkan dari dalam kamar dan ditaruh
di trolley hamper linen kotor.
F Check
lampu atau lainnya, kemungkinan ada yang rusak atau tidak berfungsi.
F Menyiapkan
jumlah linen yang akan digunakan sesuai dengan yang diperlukan.
F Menyiapkan
guest supplies yang diperlukan.
Ø Making
bed - menata tempat tidur.
Ø Membersihkan
kamar mandi.
Ø Membersihkan
semua furniture.
Ø Vacuuming
Carpet.
Ø Letakkan
stationary di tempat yang telah ditentukan.
Ø Periksa
TV, radio dan tombol AC dalam keadaan ON.
Ø Periksa
dan dirapikan glass curtain dan draperies.
Ø Sebelum
meninggalkan kamar, semprotkan penyegar dengan wangi-wangian kamar.
Ø Pintu
kamar ditutup dengan baik dan cabutlah keytag.
Make
up Occupied Room
Yang perlu diperhatikan
oleh roomboy untuk menjalankan tugas ini adalah ::
1.
Roomboy harus minta izin dahulu kepada tamu bila tamu ada di
dalam kamar.
2.
Roomboy tidak dibenarkan merubah letak barang-barang tamu
yang ada di dalam kamar.
3.
Jika ketika memasuki kamar ternyata tamu sedang tidur, maka
tinggalkan kamar tersebut dengan
pelan-pelan, jangan sampai
membangunkan tamu.
Untuk saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan, adapun data-data ini saya peroleh dari berbagai web.
salam
Great post! I am see the programming coding and step by step execute the outputs.I am gather this coding more information. It's helpful for me my friend. Also great blog here with all of the valuable information you have.
BalasHapusHousekeeping Services in Chennai